PUSAT DATA DAN INFORMASI

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

 

1. Layanan Jaringan

Koneksi jaringan komputer baik publik maupun privat (private network) yang berbasis protokol TCP/IP.

 

2. Layanan Collocation

Layanan penitipan tempat untuk meletakan server yang dipergunakan untuk hosting

 

3. Layanan Hosting

Jasa internet untuk membuat halaman website yang telah dibuat menjadi online dan bisa diakses publik.

 

4. Video Conference

Layanan telekomunikasi interaktif melalui audio dan video

 
Kumpulan data infografis yang dibuat oleh Pusat Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Pengelolaan Vaksin di Indonesia

Dipublikasikan Pada : THU, 06 OCT 2016, Dibaca : 1.416 Kali
Pada bulan Juni 2016 terungkap kasus vaksin palsu yang menimbulkan keresahan di masyarakat. Terdapat 14 rumah sakit yang dinyatakan menerima distribusi vaksin palsu berdasarkan penyelidikan Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim Polri). Sementara itu hasil pemeriksaan Badan POM di seluruh Indonesia menemukan 37 fasilitas kesehatan dari 9 wilayah kerja Badan POM yang melakukan pengadaan vaksin bukan melalui sumber resmi. Fasilitas kesehatan yang bermasalah dalam penyediaan vaksin di atas merupakan fasilitas kesehatan swasta.

Sebagian besar vaksin yang beredar di Indonesia adalah vaksin yang disediakan pemerintah, sehingga peredaran vaksin palsu sangat sedikit dibandingkan vaksin yang beredar di Indonesia. Namun dengan adanya kasus pemalsuan vaksin ini, siapa yang berperan dan bertanggung jawab dalam proses penyediaan vaksin di Indonesia menjadi pembahasan di masyarakat dan informasi yang berkembang tidak selalu tepat. Karenanya dalam Infodatin ini diangkat topik mengenai tata aturan dan kondisi pengelolaan vaksin di Indonesia agar dapat disampaikan gambaran bagaimana upaya untuk menjaga ketersediaan dan keamanan vaksin di Indonesia.

Infodatin Pengelolaan Vaksin di Indonesia ini dapat didownload di menu Informasi Publik - Publikasi Data dan Informasi - Infodatin.

Informasi Terkait Lainnya