PUSAT DATA DAN INFORMASI

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

 

1. Layanan Jaringan

Koneksi jaringan komputer baik publik maupun privat (private network) yang berbasis protokol TCP/IP.

 

2. Layanan Collocation

Layanan penitipan tempat untuk meletakan server yang dipergunakan untuk hosting

 

3. Layanan Hosting

Jasa internet untuk membuat halaman website yang telah dibuat menjadi online dan bisa diakses publik.

 

4. Video Conference

Layanan telekomunikasi interaktif melalui audio dan video

 
Kumpulan data infografis yang dibuat oleh Pusat Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Workshop Website 2018

Dipublikasikan Pada : WED, 23 MAY 2018, Dibaca : 890 Kali

Workshop Website 2018

 

 

Jakarta, 17 Mei 2018

 

           Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Website Kesehatan di Hotel Margo Depok pada tanggal 13-15 Mei 2018 yang dihadiri oleh para pengelola web di lingkungan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi yang merupakan bentuk upaya kami untuk memberikan motivasi kepada para pengelola situs web di tingkat pemerintahan agar dapat meningkatkan kualitas situs webnya dari sisi penyajian informasi, desain dan regulasi.

 

Workshop Pengelolaan Website Kesehatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi pengelola website unit di lingkungan Kementerian kesehatan dan dinas kesehatan provinsi yang sudah memiliki dan mengembangkan website dan sebagai wadah sosialisasi lomba e-ASPIRASI KEMENKES (Anugerah Situs Inspirasi Sehat Indonesia Kementerian Kesehatan) tahun 2018.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Data dan Informasi berharap website Kementerian Kesehatan dapat bermanfaat dalam memberikan data dan informasi di bidang kesehatan yang dapat digunakan tidak hanya oleh user di sektor kesehatan, namun juga oleh sektor di luar kesehatan. Website ini diharapkan tidak hanya sebagai media publikasi dan promosi, namun juga dapat diakses sebagai sarana komunikasi interaktif, sehingga dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak, sehingga dapat memenuhi kebutuhan semua pengguna informasi.

Workshop Pengelolaan Website Kesehatan 2018 menghadirkan pembicara dari dalam dan luar Kementerian Kesehatan. Dari Kementerian Kesehatan, Kepala Pusdatin, Dr. drh. Didik Budijanto, M.Kes menyampaikan Pengelolaan Website Dalam Percepatan Integrasi Data dan Implementasi "Satu Data; Direktur e-Goverment Kementerian Komunikasi dan Informasi, Firmansyah Lubis menyampaikan Pedoman Pengelolaan Website Pemerintah; Koodintor Pasca Sarjana Reguler Komunikasi Fisip UI, Meily Badriati, M.Si menyampaikan materi Penulisan Artikel pada Website Pemerintah; Kepala Bidang Pengelolaan Data & Informasi, drg. Rudy Kurniawan, M.Kes menyampaikan Pengelolaan Website Kementerian Kesehatan; Kepala Bidang Pegelolaan Teknologi Informasi, Boga Hardhana, SSi, MM menyampaikan Dukungan Infrastruktur Dalam Pengelolaan Website dan Keamanan Informasi; Universitas Indonesia, Kepala Subbidang Diseminasi Informasi, Nuning Kurniasi, SSi, Apt.MKes menyampaikan Sosialisasi e-Aspirasi 2018 dan Hasil e-Aspirasi 2018; Kepala Subbidang Hubungan Media Massa dan Media Sosial, Giri Inayah, S.Sos, MKM menyampaikan Pengelolaan Website Dalam Upaya Memerangi Hoaks Kesehatan; dan materi Penggunaan Infografis pada Website Pemerintah yang disampaikan oleh staf bidang Data dan Informasi, Dian Mulya Sari, S.Ds.

Selain para narasumber dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat dan Universitas Indonesia, perwakilan dari dinas kesehatan melakukan sharing pengalaman dalam melakukan pengelolaan konten website. Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara  berbagi pengalaman dalam Pengelolaan Web Dinkes Progress Tertinggi e-Aspirasi 2017  , dan Direktorat Kesehatan Keluarga berbagi pengalaman dalam Pengelolaan Web Unit Progress Tertinggi e-Aspirasi 2017.

 

Berdasarkan Rancangan Permen Kominfo Portal Web Instansi (Portal Web) adalah  kumpulan situs web yang menampilkan informasi dari berbagai sumber dalam format yang telah ditentukan. Pengelolan Portal dan Situs Web Instansi harus memperhatikan : identitas nasional, pengelolala, konten, typografi, navigasi, teknologi, keamanan informasi dan fitur bagi penyandang disabilitas fisik. Situs Web harus informatif, interaktif dan kolaboratif. Web resmi menggunakan alamat resmi web pemerintah sesuai ketentuan yg berlaku

 

Sesuai perkembangan zaman, situs web berkolaborasi dengan sosial media. Hati-hatilah dalam bersosial media. Gunakan etika dalam bersosial media, seperti : etika dalam berkomunikasi, menghargai hasil karya orang lain, hindari penyebarn SARAdan pornografi, jangan menilai berita dari judul nya saja dan opini berdasarkan fakta dan data.

Sosial media adalah media publik di dunia maya. Sosial Media dapat dijadikan sarana komunikasi secara interaktif antar masyarakat, antar pemerintah dengan masyarakat luas dan pelaku bisnis dalam usaha memberikan layanan publik secara cepat dan tepat serta media komunikasi yang tidak terbatas dengan jarak dan waktu. Namun, untuk mejaga keamanan informasi yang berjalan didalamnya dan/atau transaksi informasi yang terjadi dapat dikelola dengan baik (kearah positif), sebaiknya kita (pemerintah) menyediakan sosial media asli buatan indonesia, hasil karya anak bangsa dengan fitur dan tingkat kenyamanan penggunaannya yang tidak kalah hebatnya dengan sosial media yang sudah ada saat ini.

 

Dengan berkembangnya sosial media, berita hoaxpun semakin menjadi perhatian.  Hentikan Penyebaran Berita Bohong dan Fitnah dan jangan membesar-besarkan masalah yang belum pasti kebenarannya. Jika menerima berita atau informasi kesehatan melalui Whatsapp atau akun media sosial, maka sebaiknya kita mencari tahu benar atau tidaknya informasi atau berita kesehatan tersebut, jangan langsung membagikan atau menyebarluaskan kepada orang lain. Oleh karena itu peran pengelola Website sangat diperlukan untuk meminimalkan berita Hoax seperti : sosialisasikan terus menerus website kita; Update isinya; Buat menarik dengan data, foto, video, infografis; Pastikan kita dapat dikontak, semail dijawab, WA dan SMS dibalas; Cantumkan sumber yang valid bila mengutif data; Dekatkan dengan isu masyarakat yang sedang ramai dibicarakan (media monitoring); dan Kuatkan dengan media sosial.

 

Prasyarat keberhasilan suatu web pemerintah adalah Kepemimpinan yang kuat dan efektif; Kebijakan TIK; Pembangunan Kelembagaan TIK; Sosialisasi TIK dan Manajemen Perubahan; Infrastruktur TIK; Aplikasi TIK; dan Perencanaan TIK. Prinsipnya Dengan perkembangan Teknologi Informasi dapat mencerdaskan kehidupan bangsa, karena dengan perkembangan teknologi tersebut dapat meningkatkan layanan publik yang berkualitas tinggi, realtime dan memuaskan masyarakat.

 

Informasi Terkait Lainnya