PUSAT DATA DAN INFORMASI

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

 

Layanan Jaringan
Pusdatin

Koneksi jaringan komputer baik publik maupun privat (private network) yang berbasis protokol TCP/IP.

 

Situs Kementerian Kesehatan RI Raih Penghargaan E-Transparency Award 2014

Dipublikasikan Pada : THU, 01 JAN 2015, Dibaca : 75.447 Kali
Jakarta, 21 November 2014

Pada Kamis (20/11), Kementerian Kesehatan RI, melalui Kepala Pusat Data dan Informasi, drg. Oscar Primadi, MPH, mendapatkan penghargaan e-Transparency Award sebagai Website Kementerian/Lembaga terbaik ketiga tahun 2014. Dari sepuluh website terbaik, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yudi Chrisnandi, menyerahkan penghargaan kepada institusi pemerintah peraih tiga terbaik, antara lain Komisi Pemberantasan Korupsi, sebagai terbaik pertama, Kementerian Keuangan, sebagai terbaik kedua, dan Kementerian Kesehatan, sebagai terbaik ketiga, dalam acara Penganugerahan Situs Terbaik Kementerian dan Lembaga dalam Transparansi Kinerja dan Anggaran di Bali Room, Hotel Kempiski, Jakarta Pusat.

Selain penghargaan terhadap web terbaik, penghargaan diberikan pula kepada empat Kementerian/Lembaga dengan progress terbanyak, yaitu Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PP dan PA).

Penghargaan e-Transparency Award diberikan kepada website Kementerian/Lembaga terbaik dengan empat kriteria penilaian, yaitu pengalaman pengguna, tata kelola situs, transparansi kinerja dan transparansi keuangan. e-Transparency Award merupakan program IMAGES (Improving Ministries and Agency Website for Budget Transparency) yang digagas oleh Paramadina Public Policy Institute dan didukung oleh berbagai elemen masyarakat sipil, dan bagian dari kegiatan Open Government Indonesia yang mendapat dukungan dari Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Ombudsman RI, dan Sekretariat Wakil Presiden.

Pada e-Transparency Award 2014, kegiatan diikuti oleh 47 Kementerian dan Lembaga dengan tim penilai yang berasal dari publik (120 orang) dan pakar (20 orang). Proses penilaian dimulai dengan survei publik untuk menentukan situs favorit masyarakat yang dilakukan di 5 kota besar di Indonesia dengan bekerja sama dengan universitas-universitas di kota tersebut. Selanjutnya, dilakukan survei pakar untuk memberikan penilaian sesuai dengan kriteria.

Saat pertama kali e-Transparency Award diselenggarakan pada awal tahun 2013, Kementerian Kesehatan RI berada pada posisi 29 di antara 47 Kementerian/Lembaga. Pada penyelenggaraan kedua di akhir 2013, Kementerian Kesehatan RI meningkat menjadi posisi kesepuluh, dan pada e-Transparency ketiga tahun 2014 ini Kementerian Kesehatan kembali meningkat dan berada pada posisi ketiga website Kementerian/Lembaga terbaik.

Berita ini diterbitkan oleh tim web Pusat Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal, Kementerian Kesehatan RI.