PUSAT DATA DAN INFORMASI

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

 

Layanan Jaringan
Pusdatin

Koneksi jaringan komputer baik publik maupun privat (private network) yang berbasis protokol TCP/IP.

 

Pertemuan Koordinasi Nasional Sistem Informasi Kesehatan (SIK) 2015

Dipublikasikan Pada : FRI, 27 FEB 2015, Dibaca : 77.490 Kali
Cikarang, 27 Februari 2015

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Pertemuan Koordinasi Nasional Sistem Informasi Kesehatan (SIK)di bapelkes Cikarang, tanggal 25-27 Februari 2015. Acara ini dibuka oleh Kepala Pusat Data dan Informasi, drg. Oscar Primadi, MPH serta dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Bidang Pembiayaan dan Pemberdayaan Masyarakat, drg. Tini Suryanti Suhandi, M.Kes yang turut memberikan Arahan pada saat pembukaan pertemuan tersebut. Peserta Pertemuan dihadiri oleh Pengelolola SIK dari Dinas Kesehatan di 33 provinsi dan perwakilan dari PI di unit-unit utama (BUK, Binfar & Alkes, Badan Litbangkes, dan BPPSDMK) di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Pertemuan koordinasi Nasional SIK rutin diadakan setiap tahun dengan  mengundang peserta dari provinsi dan perwakilan PI dari unit utama di lingkungan Kementerian Kesehatan. Pertemuan ini bertujuan mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh pengelola SIK serta isu-isu terbaru mengenai SIK saat ini serta mencarikan solusi terhadap permasalahan yang ada untuk menunjang kelancaraan pelaporan data dari daerah ke pusat.

Narasumber dari Pusdatin membawakan beberapa materi antara lain, regulasi, standarisasi, dan tantangan SIK, Sosialisasi Permenkes tentang Penyelenggaraan Komunikasi Data, Analisis Kematian Ibu berbasis Data Rutin, Penataan Sistem Pelaporan di tingkat Pusat, Kab/Kota dan Puskesmas, dan Pelaporan Data prioritas dan Pembenahan SP2TP. Materi mangenai Kebijakan Dana Dekonsentrasi dan TP untuk Tahun Anggaran 2016  dibawakan oleh Narasumber dari Biro Perencanaan Dan Anggaran. Narasumber dari PT. Telkom Indonesia memaparkan mengenai Jaringan Sistem Informasi (Pemanfaatan VPN sebagai access dalam pelaporan data prioritas). Selain paparan materi dari beberapa narasumber yang disebutkan pada pertemuan ini juga diadakan diskusi dari para peserta pertemuan yang dibagi menjadi 2 (dua) kelompok untuk membahas permasalahan mengenai Data Prioritas dan Pemanfaatan VPN.

Hasil diskusi kelompok dari peserta dipaparkan dan para peserta kelompok lain memberikan masukan dan di akhir Pertemuan seluruh peserta yang hadir membuat kesepakatan untuk senantiasa berupaya dalam hal :
  1. 1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas data prioritas yang dilaporkan,
  2. 2. Meningkatkan pemanfaatan VPN untuk menunjang ketersediaan data dan informasi.

Berita ini disiarkan oleh pengelola web Pusat Data dan Informasi, Pusat Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal, Kementerian Kesehatan RI.