PUSAT DATA DAN INFORMASI

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

 

Layanan Jaringan
Pusdatin

Koneksi jaringan komputer baik publik maupun privat (private network) yang berbasis protokol TCP/IP.

 
Kumpulan data infografis yang dibuat oleh Pusat Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

``Dialog Bersama Menteri Kesehatan untuk Peningkatan Kesehatan Lansia`` Peringatan HLUN 2020

Dipublikasikan Pada : THU, 24 SEP 2020, Dibaca : 98 Kali
Jakarta, 23 September 2020

Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Teleconference ``Dialog Bersama Menteri Kesehatan Untuk Peningkatan Kesehatan Lansia`` dalam rangka Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2020 pada hari Rabu, tanggal 23 September 2020.

Salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada lanjut usia adalah adanya pencanangan tanggal 29 Mei sebagai Hari Lansia Nasional (HLUN), yang dapat digunakan sebagai momen kampanye untuk meningkatkan perhatian, kesadaran dan kepedulian masyarakat dan para pemangku kepentingan terhadap kesehatan para Lanjut usia (Lansia). 

Sejak awal tahun 2020, Indonesia menghadapi pandemi global COVID-19 dan Lansia merupakan kelompok yang berisiko tinggi terhadap penularan dan kematian akibat COVID-19. Oleh karena itu, maka kegiatan kampanye kesehatan lanjut usia dalam rangka acara puncak peringatan HLUN tahun 2020 diselenggarakan secara virtual melalui Web seminar (Webinar) dan Teleconference bersama Menteri Kesehatan RI. 

Pada Teleconference Dialog bersama Menteri Kesehatan dengan 3 Provinsi terpilih (DKI Jakarta, Bali dan Nusa Tenggara Timur) ini, disampaikan paparan singkat oleh ketiga provinsi  tersebut dengan topik bahasan yang berbeda terkait pelayanan kesehatan Lansia di fasilitas kesehatan maupun pemberdayaan masyarakat dalam kesehatan Lansia. Paparan Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur menyampaikan gambaran pelaksanaan kegiatan kesehatan Lansia di tingkat masyarakat/komunitas, yaitu pemberdayaan masyarakat di Posyandu Lansia, pemberdayaan Lansia dan kearifan lokal dalam pencegahan masalah kesehatan lansia. Sedangkan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta memaparkan implementasi pelayanan kesehatan Lansia di tingkat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Puskesmas Kebun Jeruk sebagai salah satu Puskesmas Santun Lansia. Selain itu Dinas Kesehatan Provinsi Bali menyampaikan implementasi pelayanan kesehatan Lansia di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut di RSU Sanglah Denpasar sebagai Rumah Sakit dengan Layanan Geriatri dengan Tim Geriatri Terpadu. 

Selain dialog interaktif bersama Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Bali dan Provinsi NTT, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga mengapresiasi langkah-langkah konkrit yang telah dilakukan dalam mengimplementasikan berbagai program untuk meningkatkan kesehatan lansia. Senada dengan hal itu, Terawan memberi beberapa pesan sebagai berikut: 
1. Pada level masyarakat, perkuat kemitraan dan jejaring dengan berbagai organisasi masyarakat seperti PKK dan lintas sektor di Kecamatan dan Desa, 
2. Di tingkat pelayanan primer (FKTP), tetap berupaya untuk memberikan pelayanan yang santun lansia dengan penguatan koordinasi dalam pembinaan posyandu dan panti lansia atau lembaga sejenisnya, penguatan perawatan jangka panjang, pemberdayaan lansia, serta bersinergi dengan berbagai program yang telah ada seperti: PIS-PK, GERMAS dalam pencapaian target SPM, 
3. Di tingkat pelayanan rujukan (FKRTL), penyiapan pelayanan geriatri terpadu dengan Tim terpadu sangat diperlukan untuk mempermudah akses, melakukan penyederhanaan alur pelayanan, tingkatkan efektifitas sistem rujukan, serta pastikan intervensi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lansia, 
4. Perlu koordinasi yang lebih serius dengan BPJS, pemerintah daerah, dan pihak terkait lainnya, serta meningkatkan keterlibatan pihak swasta/dunia usaha dalam optimalisasi sistem pembiayaan.

Informasi Terkait Lainnya